-->

Menelusuri Gunung Batara Sodonghilir Wisata Baru Bernuansa Pinus di Tasikmalaya

Tasikmalaya kembali menghadirkan tempat wisata baru yaitu Hutan Pinus. Tak hanya ada di Bandung ataupun Yogyakarta, wisata hutan pinus ini juga ada di Kecamatan Sodonghilir, Kabupaten Tasikmalaya. Orang-orang menyebutnya hutan pinus Gunung Batara (Batara Mountain), sesuai dengan nama lokasinya.

@bataramountain_



Gunung Batara merupakan hutan pinus yang dikelola oleh Lembaga Masyarakat Daerah Hutan (LMDH)  setempat. Ya, Tempat wisata ini masih dikatakan baru, karena baru dibuka pada akhir tahun 2017 kemarin. Namun sudah banyak pengunjung lokal yang berdatangan ke lokasi tersebut. Gunung Batara  mulai booming di social media setelah banyak orang-orang yang upload foto di instagram dan facebook.

Pemandangan Gunung Galunggung/ instagram

Tempat wisata di hutan pinus ini sangat menarik untuk dikunjungi. Anda akan disuguhkan hamparan pohon pinus dan pemandangan alam yang bisa menyejukan mata serta udara segar khas pegunungan yang masih alami. Anda juga bisa menikmati fasilitas wahana dan tempat selfie yang telah disediakan untuk diabadikan dan di publish ke media sosial menjadikan pengunjung bisa sejenak melepas penat.

Wahana dan Fasilitas

Sudah banyak Wahana yang tersedia sampai saat ini  seperti Ayun-ayunan, saung (bivak), menara pandang, hamock akar, tempat memanah, track mini dan juga area camping.

Ayunan (Dok. Aris Rifqi Mubarak /fb)
Saung (Dok. Aris Rifqi Mubarak /fb)

 Cocok untuk Anda yang gemar selfie bareng keluarga, teman maupun pasangan.
Setiap malam minggu ada juga yang camping dan menginap disana.

Jam Buka

Buka setiap hari dari jam 08.00 Wib sampai jam 16.00 Wib

Tiket Masuk

Tiket masuk ke hutan ini cukup mengeluarkan uang sebesar 5000 rupiah (belum termasuk parkir dll)

Alamat Lokasi dan Rute Jalan Menuju Gunung Batara

Gunung ini terletak di daerah barat Tasikmalaya tepatnya di Kampung Lembur Sawah (Ciroda) Kecamatan Sodonghilir yang berjarak 500 meter dari Pusat Kecamatan Sodonghilir dan 45 kilometer dari pusat Kota Tasikmalaya.



Akses untuk menuju puncak Gunung Batara saat ini hanya bisa dilalui dengan jalan kaki. Jalan untuk kendaraan akan dibuat khusus dan masih dalam tahap renovasi katanya, Tapi untuk motor cross katanya bisa untuk sampai kepuncak.

Dari tempat penitipan motor, kita musti jalan kaki menyusuri jalan setapak  melalui jalan pemukiman warga di perjalanan anda akan disuguhkan hamparan kebun serta pemandangan pesawahan yang menemani sampai ke puncak. Kurang lebih memakan waktu 10-15 menit dari tempat parkir untuk sampai ke lokasi.


Rute Jalan

Tasikmalaya-Singaparna-Warung Peuteuy-Terminal Sodonghilir

Akes jalan menuju Terminal Sodong hilir sangat mudah lho. Bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Kendaraan Pribadi:

Berikut Akses termudah untuk menuju ke lokasi yaitu melalui alun-alun Singaparna.

Dari Terminal Indihiang ambil jalan menuju bundaran Bepas lalu mengambil arah ke Jalan Tasikmalaya-Singaparna. Setelah sampai di alun-alun Singaparna ambil jalan Tasikmalaya-Garut lurus saja nanti setelah sampai warung peuteuy ada pertigaan langsung belok kiri dan ikuti jalan tersebut. Jalanan lumayan curam dan ukuran jalan yang lumayan sempit dan banyak belokan. Disarankan untuk Jaga kecepatan jangan terlalu ngebut karena jalan nya masih banyak yang berlobang. Sesampainya di Deudeul nanti ada pertigaan lagi dan langsung belok kiri (belok kanan ke Taraju) dari situ ikuti saja sampai di terminal Sodonghilir. Memakan waktu 2-3 jam untuk sampai ke lokasi.

Disarankan untuk Anda yang masih awam bisa menggunakan GPS biar lebih akurat.

Kendaraan Umum:

Untuk kendaraan umum dari terminal Indihiang Anda bisa menggunakan mobil elf(mini bus) jurusan Sodong-Tasik, Sodong-Tasik Cukang Kawung, Jayaguna-Sodong-Tasik dan Parumasan-Sodong-Tasik karena ini salah satu mobil umum yang sampai ke Terminal Sodonghilir ada juga yang melewati Terminal Sodonghilir seperti jurusan Parumasan, Cukang Kawung dan Jayaguna. Ongkosnya perorang sekitar 25-35ribu. Memakan waktu biasanya 2-3 Jam. Setelah sampai di Terminal anda bisa tanya-tanya ke warga setempat. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Terminal cukup dengan jalan kaki saja.

Tips dan Saran Sebelum ke Gunung Batara

1. Siapkan Powerbank dan Handphone yang kameranya bagus untuk mengabadikan moment disana. Kalau ada, bisa menggunakan kamera DSLR dan semacamnya biar hasilnya lebih memuaskan.
2. Bawa perlengkapan aksesoris untuk narsis seperti Tongsis, Tripod dll. Cocok buat kalian yang mau hunting ataupun vlog.
3. Siapkan perbekalan berupa minuman, makanan dll.
4. Siapkan uang yang cukup untuk antisipasi yang lain.
5. Kalo menggunakan kendaraan umum Anda bisa langsung berhenti di terminal Sodonghilir atau bisa langsung minta berhenti di Ciroda.

Saran:

1. Disarankan pergi kesana saat cuaca mendukung biar bisa lebih puas menikmati liburan Anda.
2. Datang lebih pagi biar bisa berlama lama dan masih sedikit pengunjung yang datang.
3. Tidak membuang sampah sembarangan, Disarankan sampahnya dibuang ke tempat yang sudah disediakan.

Punya pengalaman atau saran Tempat yang rekomendasi untuk di kunjungi di Sodonghilir? Silahkan tuliskan di kolom Komentar.

Post a Comment
Click to comment