-->

50 Tempat Wisata Curug (Air Terjun) di Tasikmalaya Yang Paling Hits

Tasikmalaya dikenal masyarakat luas dengan kota santri nya. Tasikmalaya mempunyai banyak  tempat-tempat wisata yang indah untuk dikunjungi seperti Pantai Selatan, Gunung Galunggung, Hutan pinus dll. Wisata curug salah satunya yang paling mudah dikunjungi. Selain kondisi alamnya yang benar-benar indah, curug-curug yang ada di Tasikmalaya juga sangat banyak. Bukan hanya satu atau dua curug saja, melainkan puluhan dan mungkin saja ratusan. Mengapa? Karena beberapa potensi wisata curug masih belum terekspose.

@choepar98
 Tasikmalaya masih dominan dengan pegunungan dan pesawahan. Terlihat dari banyaknya curug yang ada di Tasikmalaya yang bersumber dari pegunungan itu sendiri. Selain itu masih banyak tempat yang masih asri nan sejuk, curug  mempunyai daya tarik tersendiri juga memberikan sensasi yang berbeda untuk dijadikan tempat liburan bareng keluarga.

Berikut Daftar Tempat Wisata Curug (Air Terjun) yang ada di Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, penulisan diurutkan berdasarkan lokasi terdekat dari pusat kota dan kabupaten Tasikmalaya:

1. Curug Ciparay
Curug Ciparay

Lokasi: Cigalontang, Tasikmalaya (waktu tempuh 1jam dari Singaparna)

Curug Ciparay adalah curug yang berada di kaki Gunung Galunggung, curug ini paling dekat  dengan pusat Kabupaten Singaparna. Terletak di kaki Gunung Karacak dan Gunung Dinding Ari, Desa Cidugaleun, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya. Keindahan dari Curug ini mempunyai dua air terjun yang bersebelahan bisa juga disebut Curug Kembar atau Curug Dua Ciparay.

Air dari kedua curug ini tinggi nya masing-masing 80m, dan genangan air lumayan cukup deras. Dari ketinggian 80m sangat terasa gemuruh air yang begitu memanjakan kedua telinga kita. Selain itu di tempat ini masih sejuk dan banyak pepohonan yang masih alami.

2. Curug Cimedang

Lokasi: Kecamatan Sariwangi, Kab Tasikmalaya (waktu tempuh 1jam)

Curug Cimedang adalah satu curug yang masih sekitaran Gunung galunggung, Curug ini terbilang sangat mungil yang hanya memiliki ketinggian 5 meteran, walaupun mungil airnya sangat jernih juga terdapat kolam yang bisa dipakai untuk berenang yang terletak di Kampung Malaganti, Desa Raharja, Kecamatan Sariwangi, Kab Tasikmalaya.

Biaya tiket masuk ke tempat ini sebesar Rp 5.000 per orang dan untuk biaya keamanan parkir sebesar Rp 2000 per motor. Suasana tempat wisata Curug Cimedang masih alami sehingga belum banyak orang dari luar kota yang mengetahuinya. Tempat wisata ini masih dikelola sama Dinas Perhutani Tasikmalaya bekerjasama dengan masyarakat sekitarnya.

3. Curug Batu Mahpar


Lokasi: Kecamatan Sariwangi, Kab Tasikmalaya (waktu tempuh 1jam)

Curug Batu Mahpar berada di kampung Benjan desa Sukamulih kecamatan Sariwangi kabupaten Singaparna. Mahpar dalam arti hamparan. Sebuah sungai dengan hamparan batu yang dulunya bekas lava dan pada akhirnya mengeras seperti sekarang. Airnya tergolong kecil di ujungnya ada banyak curug seperti curug manawah dan curug mahkota. Akses menuju Curug pu n tidaklah sulit karna dapat dijangkau olehh kendaraan roda dua maupun roda empat.

4. Curug Agung Galunggung



Air terjun ini merupakan salah satu curug yang masuk kawasan wisata Galunggung. Sebenarnya air terjun ini bukan alami tetapi air terjun ini terbentuk dari aliran pembuangan air kawah Galunggung dengan melewati goa/terowongan yang di buat pada jaman Jepang  dan di lanjutkan oleh pemerintah beberapa tahun kebelakang. Curug dengan ketinggian 80m ini hanya bisa dinikmati dari kejauhan saja. Curug ini sudah dilengkapi dengan warna warni jadi untuk malam bisa terlihat lebih indah karna cahayanya yang mirip seperti pelangi.

Posisi air  terjun ini berada di bagian atas Cipanas yakni jalur yang mau menuju ke kawah tepat di bawah tangga ke dua/ tangga sebelah kiri, sudah tesedia petunjuk nya disana sehingga tidak kesulitan untuk melihat curug berwarna ini.

5. Curug Gado Bangkong

 Curug Gado Bangkong Tasikmalaya

Lokasi: Desa Santanamekar, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya (waktu tempuh 1,5jam)

Curug Gado Bangkong berada di lereng Gunung Galunggung dan memiliki ketinggian sekitar 70 m. Lokasi Terletak di Desa Santanamekar, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya Curug ini masih perawan karna belum terjamak banyak orang. Akses untuk menuju ke Curug Gado Bangkong hanya bisa menggunakan kendaraan roda dua saja. Namun perlu di di ingat jalanan nya cukup panjang untuk sampai ke tempat ini. Buat yang masih baru perlu tanya-tanya ke warga setempat. Jalanan cukup curam dan sangat kecil. Saking kecilnya kalau ada kendaraan dari arah berlawanan kita harus minggir dulu.

Fasilitas

Tempat Parkir, Mushola, Toilet dan Warung Kopi


6. Curug Badak

Curug Badak Tasikmalaya

Lokasi: Kampung Cicurug Desa Santanamekar Kecamatan Cisayong kabupaten Tasikmalaya

Setelah berkunjung ke curug Gado bangkong rugi kalau tidak berkunjung ke curug yang satu ini. Mengapa? karena Curug Badak sangat berdekatan dengan curug Gado Bangkong dan masih di sekitaran lereng Gunung Galunggung. terletak di Kampung Cicurug Desa Santanamekar Kecamatan Cisayong kabupaten Tasikmalaya, Curug ini mempunyai pemandangan yang indah dan banyak pepohonan pinus di sekitarnya juga terdapat bebatuan yang indah dengan dialiri air yang mengalir.

Biaya tiket masuk ke tempat ini sebesar Rp 5.000 per orang dan untuk biaya keamanan parkir sebesar Rp 2000 per motor.

Fasilitas

Tempat Parkir, Area Botram, Mushola, Toilet dan Warung Kopi

7. Curug Batu Blek

Curug Batu Blek
adrasablog
Lokasi: Desa Santanamekar, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya

Masih di kawasan kaki Gunung Galunggung tepatnya di desa Santana Mekar Kecamatan Cisayong Kabupaten Tasikmalaya, Curug Batu Blek merupakan salah satu Curug yang banyak dikunjungi wisatawan Lokal, objek wisata alam yang satu ini mempunyai keindahan alam yang tiada duanya. Curug Batu Blek mempunyai dua air terjun yang bersebelahan, debit airnya tidak terlalu tinggi dan mempunyai air yang bersih. Selain itu di Curug ini juga aman untuk dipakai berenang tapi sebelum berenang lihat dulu kondisi cuaca dan derasan air yang turun.

8. Curug Putih

curug putih tasikmalaya
G+ Dadan Risnandar
Masih satu aliran dengan Curug Batu Blek, Salah satu obyek Wisata Curug Putih ini berada di Santana Mekar Cisayong, Tasikmalaya, Jawa Barat. Keberadaan air terjun ini adalah tepat di kaki Gunung Galunggung. Karena itulah, maka kita akan menuruni sebuah bukit dengan kemiringan kurang lebih 50 derajat untuk sampai di curug ini. Sedangkan untuk menuju kesana masih satu jalur dengan Curug Batu Blek disarankan untuk tanya-tanya ke masyarakat sekitar agar tidak kesasar karena menuju Curug ini membutuhkan petualangan terlebih dahulu sebelum menikmati keindahan alam yang masih alami.

9. Curug Sawer
Curug Sawer Tasikmalaya
G+ Andy saputra
Curug sawer merupakan curug yang berlokasi di Mandalamekar, Jatiwaras, Tasikmalaya, Jawa Barat curug ini memiliki ketinggian 50 meter dan lebar 10 meter. Lokasinya sekitar 29 kilometer dari pusat kota Tasikmalaya dengan jarak tempuh kurang lebih 1,5 jam untuk sampai kelokasi.

10. Curug Koja

curug koja cikatomas

Salah satu curug yang ada di Tasik SelatanTerletak di Kampung Mekarsari Desa Linggalaksana, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya. Curug Koja merupakan salah satu curug yang berada di aliran Sungai Ciwatin selain dua curug lain yaitu Curug Cibakom dan Ciwatin.  Curug Koja berada di aliran paling atas atau puncak kemudian dibawahnya disusul Curug Cibakom dan Curug Ciwatin.

11. Curug Cimanintin

curug cimanintin salopa tasikmalaya
G+ riki ray nugraha
Masih di Tasik selatan, Curug Cimanintin merupakan salah satu curug yang berlokasi di Kampung Dingdingari, Desa Tanjungsari, Kecamatan Salopa Kabupaten Tasikmalaya. memiliki air terjun dengan ketinggian 120 meter.Sumer air yang mengalir ke air terjun tersebut bersumber langsung dari pegunungan maka tidak diragukan lagi dengan kejernihan air di curug cimanintin. Jalan menuru curug tersebut lumayan sangat extream direkomendasikan untuk memakai kendaraan roda dua.

12. Curug Dengdeng Cikatomas

Curug Dengdeng Cikatomas
youtube
Berlokasi di Cikatomas, Desa Tawang, Pancatengah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Perjalanan menuju Curug Dengdeng ditempuh kurang lebih 2 jam menggunakan sepeda motor dari pusat Kota Tasikmalaya Jawa Barat. Curug Dengdeng memilki 3 tingkatan curug dengan ketinggian bervariasi antara 5 hingga 20 meter dan masing-masing terasnya sangat luas .

13. Curug Cileutak 


Curug Cileutak

Curug ini berada di  Kampung Cieceng, Desa Sindang Asih, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya. Airnya yang jernih dan masih bersih, mengalir dengan deras, belum lagi pemandangan sekitar yang menakjubkan. Curug Cileutak yang memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan lebar sekitar 20 meter yang mengalir dari sungai Ciharuman, mempunyai kondisi air yang jernih, dan sangat sayang jika tak dinikmati kesegarannya. Belum lagi adanya sebuah kolam yang tidak terlalu dalam di bawah air terjun.

14. Curug Cihanjuang Tasikmalaya

Curug cihanjuang merupakan curug yang berlokasi di Desa Santana Mekar, Kec. Cisayong Tasikmalaya. Curug ini juga masih jarang di kunjungi oleh wisatawan. Tentunya curug ini masih alami dan bersih. sangat di rekomedasikan bagi anda yang suka dengan wisata tersembunyi.

15. Curug Arjuna Tasikmalaya

Masih seputar tentang wisata alam air terjun di tasikmalaya, yaitu Curug arjuna yang berlokasi di Desa Santan Mekar Kecamatan Cisayong Tasikmalaya. Wisata ini tergolong yang yang masih jarang dikunjungi karena akses jalan menuju curug arjuna tidaklah mudah.

16. Curug Wayang Tasikmalaya

Curug wayang berloaksi di Desa Santana Mekar Kecamatan Cisayong Tasikamalaya. Ciri khas dari curug ini mempunayi air terjun dengan air yang jernih dan kolam yang tenang yang bisa anda jadikan sebagai tempat berenang yang sangat menarik.

Berikut beberapa curug lainnya:

Curug Amoh
Curug amoh berlokasi  di Kp. Cibeureum, Desa Mandalamekar, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Curug Ti'ah (landeuh)

Curug ini memiliki ketinggian 25 meter dan masih jarang terexplore.
Lokasi di Kampung Cinunjang Desa Mandalamekar Kecamatan Jatiwaras Tasikmalaya.

Curug Cinunjang

Lokasi di Kampung Cinunjang Desa Mandalamekar Kecamatan Jatiwaras Tasikmalaya.

Curug Paseh
Curug ini memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter. Lokasi di Kampung Cikajang Desa Kersa Galih Kec. Jatiwaras Tasikmalaya

Curug Cipinaha
Berlokasi di Dusun Sukasirna, Desa Malatisuka, Kecamatan Gunung Tanjung Tasikmalaya. Akses  menuju kesana, dari kota Tasikmalaya ke Manonjaya kemudian ambil jalan ke arah Gunung Tanjung. Sampai di pasar Gunung Tanjung  kemudian belok kiri ke arah jalan Desa Cikembang kemudian Desa Poponcol dan terakhir jalan Desa Malatisuka. Kurang lebih jaraknya 7 km dengan kondisi jalan pertama berupa aspal lalu jalan semen yang keduanya dalam kondisi bagus

Curug Ciwatin 

Curug ciwatin merupakan salah satu curug yang ada di Cikatomas tepatnya di Kampung Nusawangi Kel. Linggalaksana Kec. Cikatomas, Tasikmalaya

Curug Bonar

Lokasi curug ini berada di kampung Cibunar, desa Sukapada kecamatan Pagerageung kab. Tasikmalaya.

Curug Tonjong

Curug tonjong merupakan curug yang ada di Tamansari tepatnya di Kampung Cipeusing, Kelurahan Setiawargi Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya.

Curug Gedus

Curug gedus merupakan salah satu curug yang ada di Sodonghilir tepatnya di Desa Sepatnunggal Kecamatan Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya, sekitar 1 Jam 30 Menit Dari Pusat Kota Tasikmalaya melewati Singaparna, Puspahiyang sampai ke Sodonghilir.

Post a Comment
Click to comment