-->

Mantap! Lapangan Sepak Bola di Cisayong Tasikmalaya Mendadak Viral

Lapangan Sepak Bola di Cisayong Tasikmalaya
Lapang Sakti Lodaya Cisayong
Tasik Hits - Berbicara tentang lapangan sepakbola, Indonesia  mempunyai lapangan yang sudah standar internasional. Tapi, tidak  hanya ada di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta dan Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Bandung. Kini sudah hadir lapangan sepak bola di sebuah desa Cisayong di kabupaten Tasikmalaya yang kualitasnya tidak kalah dengan stadion-stadion besar yang ada di Indonesia.
Belakangan ini tengah viral dan menjadi perbincangan public tanah air. Lapangan yang awalnya tidak terawat sama sekali dan kemudian disulap menjadi lapangan sepakbola yang sudah memenuhi minimal standar FIFA  yang diberi nama Lapangan Sakti Lodaya Cisayong.

Walaupun hanya lapangan desa tapi tidak tangung-tanggung rumputnya memakai rumput dari jenis Zoysia matrella atau yang dikenal juga dengan rumput manila setara rumput  yang ada di Stadion Jaka Baring Palembang dan rumput-rumput yang ada di stadion Eropa.

Selain rumput, lapangan Lodaya Sakti juga mempunyai permukaan lapangan yang dilapisi pasir agar rumput yang tertanam lebih kuat dan awet serta di lengkapi water sprinkle atau penyiram air otomatis di 32 titik. Cukup dengan memijit tombol, air menyembur menyirami lapangan.

Untuk perawatan dilakukakan penyiraman rutin tiga kali sehari. Keberadaan drainase di bawah lapangan juga ikut menunjang kualitas lapangan yang bebas banjir walaupun diguyur hujan lebat selama tiga jam sekalipun, lapangan tak bakal tergenang air.


Untuk ukuran desa lapangan Sakti Lodaya ini luar biasa walaupun hanya memiliki ukuran lapangan panjang 95 meter dan lebar 50 meter dan sudah layak pakai walaupun belum rampung sepenuhnya. Mungkin ini bisa dibilang stadion tapi nanti karna belum ada tribun penonton nya dan juga ini masih dalam tahap perkembangan.

Mantap! Lapangan Sepak Bola di Cisayong Tasikmalaya Mendadak Viral
fb: Pembdes Cisayong
Rencananya lapangan ini diperuntukan untuk kalangan umum seperti untuk latihan, turnamen, persahabatan dll. Bila telah berfungsi, tarif sewa per-90 menit untuk lapangan dipatok Rp 500.000 untuk warga Cisayong dan Rp 750.000 bagi warga luar Cisayong. Pengelola tetap akan memberikan harga sewa lebih rendah atau korting lagi kepada warga Cisayong yang hanya sekadar ingin menyalurkan hobi bermain sepak bola.

Dari mana biaya pembuatan lapang Sakti Lodaya?

Total dana yang dikeluarkan untuk pembuatan lapang Sakti Lodaya memakan biaya sebesar 1,4 Milyar. Dana itu sepenuhnya  dari dana desa tahun anggaran 2018, dari bantuan pemerintah provinsi dan sumbangan serta swadaya dari masyarakat setempat. Dana tersebut dialokasikan untuk perataan tanah, pengadaan water sprinkle, pemberian pasir, dan pendirian pagar. Untuk biaya perawatan, pemerintah setempat mengalokasikan dana Rp 5 juta per bulan.

“Pembangunan sarana olah raga di desa ini sesuai dengan Permendes Nomor 19 Tahun 2017 tentang Penetapan Prioritas Dana Desa Tahun 2018, dan sudah mendapat persetujuan dari semua unsur masyarakat,” menurut penjelasan dari Kepala Desa Cisayong, Yudi Cahyudin, dikutip dari Tribun Jabar.

Alamat Lokasi Lodaya Sakti Cisayong

Jln sakti lodaya desa cisayong kec cisayong (Beada di kaki gunung galunggung)




Ini Review Lapang sakti Lodaya


1 komentar:

avatar
This comment has been removed by a blog administrator.
Post a Comment
Click to comment